Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Launching Pemanfaatan 2 Gedung Pasar Lili, Bupati Kupang Ingatkan Pedagang Begini !

Bupati Kupang Korinus Masneno menandatangani prasasti peresmian 2 gedung baru pasar Lili, Camplong Kabupaten Kupang Jumat (2/6).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Bupati Kupang melaunching pemanfaatan pasar Lili T.A.2018 dan T.A.2022 sekaligus meresmikan gedung pasar Lili T.A.2022 yang terletak di Kelurahan Camplong 1 Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang, Jumat (2/6/2023).

 

Peresmian ini menandai dimanfaatkannya pasar ini dalam melayani aktivitas ekonomi di lokasi Pasar Lili Fatuleu.

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam membangun pasar ini.

 

Kabupaten Kupang jelasnya memiliki potensi ekonomi yang cukup besar berupa ketersediaan lahan, keterampilan petani menanam dan berkebun, kaya akan ternak, hasil tani, dan memiliki potensi hasil laut yang baik.

 

Semua yang diperoleh itu jelas Masneno merupakan berkat Tuhan dan patut disyukuri dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

 

Ia berbangga, dengan selesai dibangunnya gedung pasar khusus sayuran dan buah-buahan ini, sudah langsung ada aktivitas ekonomi.

 

Untuk itu ia berpesan agar masyarakat, baik Pedagang atau Pembeli dapat selalu menjaga kebersihan pasar untuk menciptakan kenyamanan, sehingga dapat meningkatkan antusias Pembeli untuk berbelanja di pasar tradisional ini.

 

“Jadilah tuan rumah Pedagang yang baik di negerinya sendiri. Sesuatu itu dapat terlihat baik jika dimulai dari diri sendiri. Penataan pasar itu penting. Saya berterima kasih dan mohon dukungan masyarakat sekitar lingkungan pasar dalam menjaga, merawat termasuk mengelola pasar, agar terlihat bersih dan nyaman,” pesannya.

 

Dia menambahkan, Pasar tradisional yang  didesain dengan konsep modern ini, diharapkan dapat menjadi rujukan atau pilihan utama bagi masyarakat yang akan membeli atau memenuhi kebutuhannya.

 

Orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut berharap pasar Lili menjadi pasar yang nyaman dan aman di datangi masyarakat.

 

“Pasarnya bersih dan rapi bahkan penataan parkiran harus dilakukan secara baik”, kata dia.

 

Sementara dalam laporan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kupang, Khristian Koroh menyebutkan, besar anggaran yang digunakan untuk pembangunan pasar Lili T.A.2022 yakni sebesar Rp.2.689.184.000 bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan RI T.A.2022.

 

Dan sesuai komitmen bersama Kementerian Perdagangan RI, maka pasar Lili akan terus ditingkatkan menjadi pasar modern dengan transaksi digital mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Dan peningkatan sumber daya Pedagang menjadi salah satu perhatian untuk ditingkatkan kemampuannya.

 

Akhir acara Bupati Kupang didampingi Anggota DPRD Kabupaten Kupang Arnolus Mooy, DanYon Arhanud 9 Letkol Arh. Andi Yunus. Plt. Sekda Rima Salean, Ketua Majelis Klasis Fatuleu barat, ibu KMJ Bet’el Lili. Camat Fatuleu Hendra Mooy meninjau aktifitas Pedagang sekaligus berbelanja kebutuhan sayur dan buah dalam gedung baru pasar tersebut.

 

Turut hadir pada acara tersebut Pejabat lingkup Pemkab Kupang diantaranya Asisten 2 Mesak Elfeto, Kadispenda Frans Taloen, Kadis perhubungan Ricky Djo, Plt. Kasat Pol PP Richard Benu bersama tokoh agama, tokoh masyarakat Fatuleu. (Merc).

  • Bagikan