Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kupang, Direvisi

  • Bagikan
Sekda Kabupaten Kupang Ir. Obet Laha bersama Tim Penyusun pada kegiatan Revisi RTRW Kamis (11/8/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kabupaten Kupang menggelar Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kabupaten Kupang tahun 2022.

 

Kegiatan ini berlangsung di aula Kantor Bupati Kupang Kamis, (11/8/22).

 

Sekda Kabupaten Kupang Obet Laha saat membuka kegiatan itu mengatakan, dokumen RTRW sebagai bentuk dokumen perencanaan jangka panjang selama 20 tahun, sangat berpotensi terkena dampak perubahan dinamika yang berkembang.

 

Dirinya menjelaskan, berdasarkan peninjauan kembali yang dilakukan tahun 2022 ini, maka Perda RTRW Kabupaten Kupang Nomor 1 Tahun 2015 direkomendasikan untuk direvisi dengan hasil : kualitas RTRW, peraturan baru, dinamika pembangunan eksternal dan internal.

 

Obet juga menyatakan, proses revisi Perda RTRW kabupaten kupang ini pada prinsipnya dilakukan dengan mempertimbangkan hasil rekomendasi peninjauan kembali, yang akan disempurnakan beberapa materi terkait dengan tujuan penataan ruang, dan penetapan kawasan strategis kabupaten, kawasan strategis provinsi maupun kawasan strategis nasional.

 

“Ini diharapkan akan semakin membuat pembangunan di kabupaten kupang dari aspek matra ruang semakin baik dan berkualitas. Tidak dapat dipungkiri, tuntutan pembangunan saat ini adalah bagaimana menjaga keseimbangan aspek ekonomi, link hidup dan sosial”, ujarnya.

 

Dia menyampaikan, dinamika pembangunan di kabupaten kupang pada khususnya sangat cepat, pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta berkembang dengan pesat. Pemerintah melakukan upaya percepatan proyek-proyek yang dianggap strategis dan memiliki urgensi tinggi melalui program percepatan proyek strategis nasional.

 

Sekda Obet memaparkan, pada kegiatan laporan pendahuluan revisi rencana tata ruang wilayah kabupaten Kupang akan disampaikan latar belakang yang mendasari perlunya dilakukan revisi serta perubahan dalam kebijakan strategi rencana struktur ruang, rencana pola ruang dan rencana kawasan strategis kabupaten.

 

“Pada kesempatan ini, kiranya kita dapat menyimak secara seksama hal-hal yang disampaikan dalam pertemuan ini. Jangan sungkan untuk bertanya dan memberi masukan kepada tim Penyusun bila ada hal yang kurang dipahami karena itu pentingnya pertemuan ini demi merumuskan keterpaduan isu strategis yang ada di Kabupaten Kupang”, kata dia.

 

Penataan ruang merupakan proses dinamis dalam rangka mewujudkan tujuan rencana tata ruang. Proses dinamis ini mengandung pengertian bahwa dalam mewujudkan tujuan rencana tata ruang terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja rencana tata ruang sehingga tujuan yang ditetapkan belum tentu sesuai atau dapat tercapai melalui kebijakan dan strategi yang ditetapkan akibat adanya perkembangan strategis dan dinamika pembangunan.

 

Saat ini, Pemkab Kupang telah menetapkan Perda tahun 2015 tentang rencana tata ruang wilayah kabupaten Kupang tahun 2014 – 2034. Sampai tahun 2022, perda ini telah berlaku selama 7 tahun.

 

Banyak dinamika yang berubah seperti tuntutan pembangunan ekonomi- lingkungan hidup- perubahan sosial, kebijakan ketahanan pangan, pembangunan infrastruktur, aturan pengelolaan kawasan, perizinan, perkembangan teknologi pemetaan, dan sebagainya.

 

Perubahan dinamika ini merupakan konsekuensi dari proses perubahan dan perkembangan, sehingga kerap kali menuntut aturan formal disesuaikan dan diselaraskan.

 

Hadir pada saat itu Para Staf Ahli Bupati Kupang, Kabid pemetaan tata ruang Sony Boesday yang mewakili Kadis PU kabupaten Kupang dan pimpinan OPD lainnya, Tim ahli Penyusun tata ruang kabupaten Kupang dari PT. Lintas Data Manunggal I Made Dwipayana, Kaban Petanahan Bernadus Poy, para camat dan insan Pers.

Penulis: NHEditor: Sintus
  • Bagikan