Hanya di Kota Kupang, Pemulung Dirikan PAUD dan SMP

Reporter: GT_Editor: sintus
  • Bagikan
Pemulung sekaligus Pengelola PAUD Peduli Kasih dan SMP Surya Mandala di Oesapa Barat Yosep Blikololong saat ditemui Wartawan Sabtu (21/5/22).

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Salut bagi para Pemulung Sampah di Oesapa Barat. Mereka mampu mendirikan sebuah Lembaga Pendidikan Anak usai Dini (PAUD) Sekolah Menengah Pertama dari hasil keringat yang diperoleh setiap hari. Di tengah kesulitannya para Pemulung masih memikirkan sesame. Kini Warga lingkungan RT 10/ RW 04 Kelurahan Oesapa Barat Kota Kupang Nusa Tenggara Timur minta Pemerintah Kota Kupang menaruh perhatian terhadap dua Lembaga Sekolah di lingkungan mereka yakni PAUD Peduli Kasih dan SMP Swasta Surya Mandala.

Yosep Blikololong salah satu Pemulung sampah mengatakan, sejak 2011 silam hadir Sekolah  itu telah berhasil meluluskan ratusan anak. “Mereka anak-anak dari keluarga  kurang mampu”, ucap dia Sabtu, (21/5/2022).

Yosep Blikololong mengaku harapannya nyaris pupus ketika masuk tahun ke empat (2014), karena ketiadaan gedung sebagai tempat belajar. Lembaga itu sempat berpindah tempat dan saat ini memanfaatkan rumahnya sebag

Petrus Rae, ketua RT 10 Kleurahan oesapa Barat

ai tempat belajar.

“Sebagian ruangan dan halaman rumahn saya terpaksa disulap menjadi ruangan belajar bagi siswa PAUD dan siswa SMP”, kata Pengelolah 2 Lembaga pendidikan tersebut.

 

Ketua RT sekitar, Petrus Rae di kediamannya mengatakan, dirinya bersama warga sekitar sangat terbantu dan mendukung lembaga pendidikan yang dibangun Yosep dan Pemulung lainnya.

Menurut dia, meskipun Yosep hanya seorang pemulung sampah tetapi peduli dengan sesam

Sarlota Beklik salah satu guru SMP Surya Mandala

a warga dengan membangun dua unit sekolah.

“Saya selaku Ketua RT bersama warga mengharapkan Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pendidikan memperhatikan lembaga itu dengan interfensi dana bagi para guru-guru yang mengajar pada sekolah dimaksud”, harapnya.

 

Hal yang sama diharapkan Sarlota Beklik yang sejak 2017 silam sampai sekarang ini menjadi tenaga gu

Sartini Matasina orangtua Siswa SMP Surya Mandala

ru sukarelawan pada sekolah PAUD Peduli Kasih yang dibangun Yosep Blikololong untuk membantu warga sekitar yang sebagian besar ekonomi pas-pasan.

 

Sartini Matasina, warga sekitar, mengaku sangat terbantu dengan adanya SMP swasta Surya  Mandala di lingkungan tempat tinggalnya sehingga ia bisa menyekolahkan dua orang anaknya secara gratis.

 

Yane Ariance warga lainnya merasa beryukur karena kehadiran PAUD dan SMP yang dibangun Yos Blikololong dapat membantu  pendidikan anak-anak telantar dan anak-anak dari keluarga tidak mampu, secara gratis.

  • Bagikan