Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kodam IX/Udayana Terus Lakukan Pemasangan Pompa Hydram,

Kontributor : Mercy_PKP Editor: Sintus
Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto bersama Bupati Kupang berada di desa Sillu Selasa (8/2/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Kodam IX/Udayana melalui Korem 161/Wirasakti dan Kodim 1604/Kupang, terus melakukan pemasangan pompa hidram pada lokasi atau permukiman penduduk yang mengalami kesulitan kebutuhan air bersih. Untuk pemasangan pompa hidram, harus ada sumber airnya. Dengan teknologi pompa hidram tersebut, air bisa dialirkan sesuai kebutuhan. Warga Dusun 5 Tuamnanu Desa Silu, bersyukur atas kepedulian TNI dengan dibangunnya pompa hidram. Bupati Kupang bersama masyarakat setempat, menyambut baik kehadiran Pangdam IX/Udayana bersama jajaran, untuk melakukan peninjauan pembangunan pompa hidram, Selasa (8/2/2022).

Sesuai rencana Pompa Hydram bantuan pangdam akan dilakukan peresmian pada 23 Februari 2022.

Pada kesempatan ini juga dilakukan peninjauan lahan jagung seluas 300 hektar oleh TNI dan Pemda.

Ketua Kelompok Tani Fetomone, Soleman Bani mengaku, meski lokasi berada di tengah hutan, jauh dari  perkampungan dan bertebing, namun dirinya mewakili masyarakat setempat, mengaku bangga dan bersyukur atas kehadiran pimpinan TNI, serta fasilitas yang disiapkan dalam bentuk Pompa Hidram, untuk keberlangsungan hidup masyarakat dalam mengembangkan usaha perkebunan.

Dirinya juga berterima kasih kepada Bupati Kupang sebab melalui Dinas Pertanian, selain bantuan bibit, mereka mendapatkan bantuan alat-alat tani. Untuk total lahan 300 ha, ia jelaskan 40 hektar sudah ditanami jagung.

 

Bupati Kupang, Korinus Masneno bersyukur atas kehadiran TNI ikut serta membangun Kabupaten Kupang. Melalui pompa hidram yang tersedia, kiranya memberi banyak manfaat pastinya selain untuk dikonsumsi, juga berguna bagi usaha bercocok tanam. Langkah awal TNI mulai dari menyiapkan alat berat untuk membuka jalan menuju lokasi ini, sampai pada pembangunan pompa hidram, patut diapresiasi, sebab dapat mendekatkan produksi masyarakat ke pasar.

“Dan lokasi ini merupakan area pertanian baru. Ilmu  baru sejak adanya pompa hidram di Kabupaten Kupang, mampu naikkan air dari dataran rendah ke dataran tinggi, masyarakat merasa sangat tertolong,”terangnya.

 

Sementara Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, dalam sambutannya tetap menginginkan adanya sinergitas antar Pemda dan TNI dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh rakyat. Meski dirinya baru menjabat Panglima Daerah Militer baru setahun, dia akan terus lanjutkan program Pangdam IX/Udayana yang sebelumnya untuk program pompa hidram.

Ia melihat bahwa permasalahan krusial di wilayah NTT adalah ketersediaan air bersih. Untuk itu TNI sebisa mungkin hadir memberikan yang terbaik buat masyarakat. Ia juga meminta agar jajarannya bersama Pemda sukseskan usaha ketahanan pangan. Jika temui kendala, sampaikan untuk dicari solusi. “Terima kasih juga untuk Bupati Kupang atas segala bentuk dukungannya bagi TNI,” ungkap Pangdam IX/Udayana.

  • Bagikan