Program TMMD, Komitmen TNI AD Bangun Bangsa Bersama Pemda

0 23

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) secara umum dalam UU TNI diartikan sebagai membantu tugas pemerintahan di daerah, yakni bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya (dalam hal ini TNI bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama seluruh jajarannya) secara sinergi dan berkesinambungan.

Demikian dikatakan Komandan Kodim 1604/Kupang Kolonel Arh. Abraham Kalelo., S.Sos kepada Media Minggu (11/7/21).

“Program TMMD ini berupa, akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana”, jelasnya.

 

Ia mengatakan, sebagai Implementasi dari Undang-undang TNI tersebut, Kodim 1604/Kupang bekerja sama dengan pemerintah daerah kabupaten Kupang sedang melaksanakan program TMMD yang Ke-111 Tahun 2021 di wilayah Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang Provinsi NTT.

 

Menurut dia, Sasaran yang menjadi prioritas pada TMMD kali ini yaitu sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik meliputi Pembangunan SMPS Kristen 1 Amarasi Selatan dengan tiga ruang kelas, 1 ruang guru dan 1 MCK (dua kamar), selanjutnya Rehab Kapela St. Benediktus Sahraen Amarasi Selatan, Rehab Gereja Imanuel Sahraen Amarasi Selatan dan Rehab rumah Pastori Bonamhonis Sahraen Amarasi Selatan.

“Kemudian sasaran Non fisik meliputi Penyuluhan tentang Teknologi tepat guna oleh dinas PMD Kabupaten Kupang, Penyuluhan tentang wasbang oleh Kodim 1604/Kupang, Penyuluhan tentang kesadaran hukum oleh polres Kupang, Penyuluhan tentang rekrutmen TNI dan bela negara oleh Kodim 1604/Kupang, Penyuluhan peternakan oleh dinas Peternakan Kab. Kupang serta Penyuluhan COVID-19 oleh dinas kesehatan kabupaten Kupang”, tambah dia.

Kolonel Arh. Abraham Kalelo., S.Sos mengatakan, penentuan lokasi didahului survei bersama antara Kodim 1604/Kupang dengan pemerintah daerah serta dinas terkait kemudian diputuskan dalam rapat bersama sehingga terpilih menjadi sasaran prioritas yang perlu di kerjakan.

 

“Slogan TNI kuat bersama rakyat atau juga disebut TNI adalah anak kandung rakyat serta TNI dari rakyat untuk rakyat. Kalimat tersebut bukanlah merupakan slogan semata namun harus dimaknai oleh individu, kelompok prajurit TNI dengan melihat dan membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya seperti halnya kegiatan TMMD yang saat ini sedang kita laksanakan”, pungkasnya. (Rilis/Ellena).